ABSTRAK
Tujuan penulisan makalah ini adalah
untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai hubungan dua variabel yang
saling terikat dan untuk memenuhi tugas Statistik Bisnis yang telah dipelajari
selama satu semester ini. Data yang digunakan dalam makalah ini adalah data
penjualan sebuah booth yang bernama “Fashionology” pada salah satu event besar
di Politeknik Negeri Jakarta yaitu
AnexPower 2014. Dengan adanya data tersebut, kita dapat mengetahui hubungan
antara kuantitas terjual dengan pendapatan yang diperoleh oleh Fashionology
selama lima hari penyelenggaraan Anexpo. Metode penulisan yang digunakan adalah metode diskusi dan metode studi pustaka
dengan cara
mempelajari dan mengumpulkan data dari buku Statistik Bisnis, dan browsing via
internet. Dari data yang telah diperoleh, data penjualan dan kuantitas yang
terjual penulis kelompokkan berdasarkan jenis produk yaitu fashion dan
teknologi. Karena pada booth Fashionology terdapat dua produk, maka perhitungan
akan penyimpangan, hubungan antara pendapatan dan kuantitas, serta perhitungan
lainnya harus dihitung terpisah. Dari perhitungan yang telah dilakukan, didapat
kesimpulan bahwa hubungan antara pendapatan yang diperoleh dan kuantitas yang
terjual masing-masing produk pada booth Fashionology selama lima hari di Anexpo
adalah positif kuat.
BAB
I
PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan ini, manusia sering melakukan
penelitian untuk mengetahui berbagai fenomena maupun kejadian yang terjadi guna
mencari tahu hubungan dari kejadian-kejadian tersebut. Pada dasarnya kejadian
di dunia ini terbagi atas dua yaitu kejadian kualitatif dan kuantitatif. Dimana
pada kejadian kuantitatif, ilmu statistik telah membuat analasis untuk
mengetahui hubungan antara variabel-variabel yang terdapat pada kejadian
tersebut. Analisis tersebut adalah analisis regresi dan analisis korelasi. Korelasi
merupakan teknik analisis yang termasuk dalam salah satu teknik pengukuran untuk
mengukur hubungan antara dua variabel dengan skala-skala tertentu. Sedangkan, regresi
merupakan salah analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh suatu
variabel terhadap variabellain .
Selain itu, diselenggarakannya salah satu event besar di Politeknik Negeri Jakarta yaitu Anexpower mengundang beberapa pertanyaan bagi penulis. Mengingat eksistensi dari event tersebut yang sudah terbilang cukup bagus, membuat event ini dikunjungi oleh banyak kalangan, tak hanya masyarakat yang berada di dalam PNJ tetapi juga di luar PNJ. Dengan demikian hal ini menimbulkan pengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh dan kuantitas yang terjual oleh masing-masing penjual yang berada di Anex tersebut. Untuk itu, dengan ilmu statistik analisis regresi dan korelasi yang telah penulis dapatkan selama satu semester ini, penulis berusaha mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan mencaritahu bagaimana hubungan antara kuantitas yang terjual dengan pendapatan yang diperoleh salah satu booth yang terdapat pada Anexpower 2014
Selain itu, diselenggarakannya salah satu event besar di Politeknik Negeri Jakarta yaitu Anexpower mengundang beberapa pertanyaan bagi penulis. Mengingat eksistensi dari event tersebut yang sudah terbilang cukup bagus, membuat event ini dikunjungi oleh banyak kalangan, tak hanya masyarakat yang berada di dalam PNJ tetapi juga di luar PNJ. Dengan demikian hal ini menimbulkan pengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh dan kuantitas yang terjual oleh masing-masing penjual yang berada di Anex tersebut. Untuk itu, dengan ilmu statistik analisis regresi dan korelasi yang telah penulis dapatkan selama satu semester ini, penulis berusaha mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan mencaritahu bagaimana hubungan antara kuantitas yang terjual dengan pendapatan yang diperoleh salah satu booth yang terdapat pada Anexpower 2014
I.2 RUMUSAN MASALAH
1) Buatlah diagram pencar mengenai
hubungan kuantitas yang terjual dengan pendapatan produk fashion dan teknologi
pada booth Fashionology?
2) Hitung rata-rata kuantitas
fashion dan teknologi yang terjual beserta penyimpangannya
3) Berapa kenaikan pendapatan yang
diakibatkan oleh kenaikan kuantitas sebanyak
40 pcs?
4) Buatlah persamaan regresi dari masing-masing
produk
5) Bagaimanakah bentuk hubungan
antara kuantitas yang terjual dengan pendapatan yang diperoleh booth
Fashionology dari masing-masing produk?
6) Berapa persen pengaruh kenaikan
jumlah yang terjual terhadap kenaikan pendapatan?
7) Berapa persen pengaruh variabel lain terhadap
kenaikan pendapatan?
8) Jika Anexpo diadakan selama tujuh hari,
berapakah perkiraan pendapatan pada hari
ke-7 tersebut dengan metode least square?
9) Pendapatan dari produk manakah yang lebih
stabil?
10) Jika pada suatu hari
Fashionology mendapatkan pendapatan sebesar Rp 1.200.000 untuk produk fashion
dan Rp 2.000.000 untuk produk teknologi, produk manakah yang menghasilkan
pendapatan yang baik pada hari tersebut?
I.3 TUJUAN
Berikut merupakan tujuan penulisan
makalah:
1. Mengaplikasikan ilmu statistika yang telah diperoleh dengan menyelesaikan
studi kasus dalam kehidupan nyata
2. Memberikan informasi kepada pembaca tentang bagaimana cara
mengetahui hubungan dua variabel dengan menggunakan analisis regresi dan
korelasi
3. Memenuhi tugas statistika bisnis yang telah diberikan
I.4 MANFAAT
Manfaat yang diperoleh dari penulisan makalah ini adalah booth
Fashionology dapat mengetahui hubungan antara kuantitas yang terjual dengan
pendapatan yang diperoleh pada boothnya. Selain itu Fashionology dapat
mengetahui produk mana yang lebih stabil dan berpotensi di masa mendatang serta
peralaman pendapatan bagi booth Fashinology pada hari tertentu. Sedangkan
manfaat bagi pembaca, pembaca dapat mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan
analisis regresi dan analisis korelasi ke dalam studi kasus sehari-hari.
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
II.1 Definisi Analisis Regresi
Analisis
regresi dalam statistika adalah salah satu metode untuk menentukan hubungan
sebab-akibat antara satu variabel dengan variabel(-variabel) yang lain. Variabel
"penyebab" disebut dengan bermacam-macam istilah: variabel penjelas, variabel eksplanatorik, variabel independen, atau
secara bebas, variabel X (karena seringkali digambarkan dalam
grafik sebagai absis, atau sumbu X). Variabel terkena akibat dikenal sebagai variabel yang dipengaruhi, variabel dependen, variabel terikat, atau variabel Y. Kedua variabel ini
dapat merupakan variabel acak (random), namun variabel yang dipengaruhi harus selalu
variabel acak. Analisis regresi adalah salah satu analisis yang paling populer
dan luas pemakaiannya. Analisis regresi dipakai secara luas untuk melakukan
prediksi dan ramalan, dengan penggunaan yang saling melengkapi dengan bidang pembelajaran mesin.
Analisis ini juga digunakan untuk memahami variabel bebas mana saja yang
berhubungan dengan variabel terikat, dan untuk mengetahui bentuk-bentuk
hubungan tersebut. Untuk
menggambarkan garis regresi dipergunakan suatu diagram yang dinamakan scatter
diagram atau biasa disebut diagram pencar.
Diagram
Pencar
Diagram pencar adalah suatu cara penyajian data
dalam entuk yang merupakan pancaran titik-titik yang tedapat pada atau diantara
salib sumbu dimana setiap titik merupakan koordinat tertentu yang terdiri dari
basis yang merupakan variabel bebas (independen/x) dan ordinat yang merupakan
variabel terikat (dependen/y)
II.2 Definisi Analisi Korelasi
Analisis
korelasi merupakan
teknik analisis yang termasuk dalam salah satu teknik pengukuran asosiasi /
hubungan (measures of association). Pengukuran asosiasi merupakan istilah umum yang mengacu pada sekelompok
teknik dalam statistik bivariat yang digunakan untuk mengukur kekuatan hubungan
antara dua variabel. Ada dua jenis ukuran korelasi yang banyak yaitu:
1.
Korelasi
produk momen Pearson untuk mengukur derajat asosiasi beberapa peubah dengan
skala interval atau rasio.
2.
Korelasi
Spearman untuk mengukur derajat asosiasi antara beberapa dengan skala ordinal
(rank).
Post a Comment