Regresi dan Korelasi

ABSTRAK
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai hubungan dua variabel yang saling terikat dan untuk memenuhi tugas Statistik Bisnis yang telah dipelajari selama satu semester ini. Data yang digunakan dalam makalah ini adalah data penjualan sebuah booth yang bernama “Fashionology” pada salah satu event besar di Politeknik Negeri Jakarta  yaitu AnexPower 2014. Dengan adanya data tersebut, kita dapat mengetahui hubungan antara kuantitas terjual dengan pendapatan yang diperoleh oleh Fashionology selama lima hari penyelenggaraan Anexpo. Metode penulisan yang digunakan adalah metode diskusi dan metode studi pustaka dengan cara mempelajari dan mengumpulkan data dari buku Statistik Bisnis, dan browsing via internet. Dari data yang telah diperoleh, data penjualan dan kuantitas yang terjual penulis kelompokkan berdasarkan jenis produk yaitu fashion dan teknologi. Karena pada booth Fashionology terdapat dua produk, maka perhitungan akan penyimpangan, hubungan antara pendapatan dan kuantitas, serta perhitungan lainnya harus dihitung terpisah. Dari perhitungan yang telah dilakukan, didapat kesimpulan bahwa hubungan antara pendapatan yang diperoleh dan kuantitas yang terjual masing-masing produk pada booth Fashionology selama lima hari di Anexpo adalah positif kuat.


BAB I
PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan ini, manusia sering melakukan penelitian untuk mengetahui berbagai fenomena maupun kejadian yang terjadi guna mencari tahu hubungan dari kejadian-kejadian tersebut. Pada dasarnya kejadian di dunia ini terbagi atas dua yaitu kejadian kualitatif dan kuantitatif. Dimana pada kejadian kuantitatif, ilmu statistik telah membuat analasis untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel yang terdapat pada kejadian tersebut. Analisis tersebut adalah analisis regresi dan analisis  korelasi. Korelasi merupakan teknik analisis yang termasuk dalam salah satu teknik pengukuran untuk mengukur hubungan antara dua variabel dengan skala-skala tertentu. Sedangkan, regresi merupakan salah analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh suatu variabel terhadap variabellain .
          Selain itu, diselenggarakannya salah satu event besar di Politeknik Negeri Jakarta yaitu Anexpower mengundang beberapa pertanyaan bagi penulis. Mengingat eksistensi dari event tersebut yang sudah terbilang cukup bagus, membuat event ini dikunjungi oleh banyak kalangan, tak hanya masyarakat yang berada di dalam PNJ tetapi juga di luar PNJ. Dengan demikian hal ini menimbulkan pengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh dan kuantitas yang terjual oleh masing-masing penjual yang berada di Anex tersebut. Untuk itu, dengan ilmu statistik analisis regresi dan korelasi yang telah penulis dapatkan selama satu semester ini, penulis berusaha mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan mencaritahu bagaimana hubungan antara kuantitas yang terjual dengan pendapatan yang diperoleh salah satu booth yang terdapat pada Anexpower 2014
I.2  RUMUSAN MASALAH
1) Buatlah diagram pencar mengenai hubungan kuantitas yang terjual dengan pendapatan produk fashion dan teknologi pada booth Fashionology?
2) Hitung rata-rata kuantitas fashion dan teknologi yang terjual beserta penyimpangannya
3) Berapa kenaikan pendapatan yang diakibatkan oleh kenaikan kuantitas  sebanyak 40 pcs?
4)  Buatlah persamaan regresi dari masing-masing produk
5) Bagaimanakah bentuk hubungan antara kuantitas yang terjual dengan pendapatan yang diperoleh booth Fashionology dari masing-masing produk?
6) Berapa persen pengaruh kenaikan jumlah yang terjual terhadap kenaikan pendapatan?
7)  Berapa persen pengaruh variabel lain terhadap kenaikan pendapatan?
8)  Jika Anexpo diadakan selama tujuh hari, berapakah perkiraan pendapatan  pada hari ke-7 tersebut dengan metode least square?
9)  Pendapatan dari produk manakah yang lebih stabil?
10) Jika pada suatu hari Fashionology mendapatkan pendapatan sebesar Rp 1.200.000 untuk produk fashion dan Rp 2.000.000 untuk produk teknologi, produk manakah yang menghasilkan pendapatan yang baik pada hari tersebut?
I.3 TUJUAN
Berikut merupakan tujuan penulisan makalah:
1.      Mengaplikasikan ilmu statistika yang telah diperoleh dengan menyelesaikan studi kasus dalam kehidupan nyata
2.      Memberikan informasi kepada pembaca tentang bagaimana cara mengetahui hubungan dua variabel dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi
3.      Memenuhi tugas statistika bisnis yang telah diberikan
I.4 MANFAAT
Manfaat yang diperoleh dari penulisan makalah ini adalah booth Fashionology dapat mengetahui hubungan antara kuantitas yang terjual dengan pendapatan yang diperoleh pada boothnya. Selain itu Fashionology dapat mengetahui produk mana yang lebih stabil dan berpotensi di masa mendatang serta peralaman pendapatan bagi booth Fashinology pada hari tertentu. Sedangkan manfaat bagi pembaca, pembaca dapat mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan analisis regresi dan analisis korelasi ke dalam studi kasus sehari-hari.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
II.1 Definisi Analisis Regresi
Analisis regresi dalam statistika adalah salah satu metode untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara satu variabel dengan variabel(-variabel) yang lain. Variabel "penyebab" disebut dengan bermacam-macam istilah: variabel penjelas, variabel eksplanatorik, variabel independen, atau secara bebas, variabel X (karena seringkali digambarkan dalam grafik sebagai absis, atau sumbu X). Variabel terkena akibat dikenal sebagai variabel yang dipengaruhi, variabel dependen, variabel terikat, atau variabel Y. Kedua variabel ini dapat merupakan variabel acak (random), namun variabel yang dipengaruhi harus selalu variabel acak. Analisis regresi adalah salah satu analisis yang paling populer dan luas pemakaiannya. Analisis regresi dipakai secara luas untuk melakukan prediksi dan ramalan, dengan penggunaan yang saling melengkapi dengan bidang pembelajaran mesin. Analisis ini juga digunakan untuk memahami variabel bebas mana saja yang berhubungan dengan variabel terikat, dan untuk mengetahui bentuk-bentuk hubungan tersebut. Untuk menggambarkan garis regresi dipergunakan suatu diagram yang dinamakan scatter diagram atau biasa disebut diagram pencar.

Diagram Pencar
Diagram pencar adalah suatu cara penyajian data dalam entuk yang merupakan pancaran titik-titik yang tedapat pada atau diantara salib sumbu dimana setiap titik merupakan koordinat tertentu yang terdiri dari basis yang merupakan variabel bebas (independen/x) dan ordinat yang merupakan variabel terikat (dependen/y)


 II.2 Definisi Analisi Korelasi
Analisis korelasi merupakan teknik analisis yang  termasuk dalam salah satu teknik pengukuran asosiasi / hubungan (measures of association). Pengukuran asosiasi   merupakan istilah umum yang mengacu pada sekelompok teknik dalam statistik bivariat yang digunakan untuk mengukur kekuatan hubungan antara dua variabel. Ada dua jenis ukuran korelasi yang banyak yaitu:
1.        Korelasi produk momen Pearson untuk mengukur derajat asosiasi beberapa peubah dengan skala interval atau rasio.
2.        Korelasi Spearman untuk mengukur derajat asosiasi antara beberapa dengan skala ordinal (rank).

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKEL MAIN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger