Membaca

A.       Pengertian Membaca
·      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Purwadarminta : 2001), membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati). Jadi, seorang pembaca berusaha untuk memahami isi, menggali informasi secara lisan atau dalam hati.

·      Tarigan (1987) menjelaskan bahwa membaca adalah suatu proses yang dilakukan atau dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/ bahasa tulis. Dengan demikian, pembaca berusaha menangkap maksud atau pesan yang diinginkan penulis.

·      Toni Busan, mendefinisikan membaca sebagai “suatu hubungan secara total antara individu (pembaca) dengan simbol-simbol informasi (bacaan)”, yang terdiri dari 7 langkah :
1.      Recognition
Suatu pengetahuan dari pembaca tentang simbol-simbol.
2.      Assimilation
Suatu proses fisik di mana sensor informasi diterima oleh mata dan ditransmisikan ke otak.
3.      Intra Integration
Suatu jalinan dari semua bagian informasi yang sedang dibaca dengan semua bagian yang tepat.
4.      Extra Integration
Seorang pembaca mengeluarkan semua pengetahuannya pada pengetahuan baru yang sedang dibaca, dan membuat suatu hubungan yang tepat.
5.      Retantion
Menyimpan informasi pada memori.
6.      Recall
Kemampuan untuk memanggil kembali informasi yang dibutuhkan.
7.      Communication
Proses berpikir tentang informasi yang diterima dari buku / sumber bacaan dan mampu untuk mengirimkan kepada pihak lain.

B.     Proses membaca
Suatu aktivitas mata dan otak yang menghasilkan suatu pengertian pada saat membaca, dan akan menolong pembaca untuk mengerti bagaimana kebiasaan buruk saat membaca.

Faktor-faktor yang terlibat :
1.      Fixation
Suatu selaan / gerakan mata tentang sepotong kalimat yang tertulis dalam satu baris.
2.      Return Sweep
Kegiatan yang lancar dari mata pada saat pembaca menyelesaikan satu baris dan kembali lagi ke baris selanjutnya.
3.      Regression / back skipping
Gerakan balik dari mata (diakhiri pada satu fication) untuk satu kata tertentu / kalimat.
4.      Span of Perception
Sejumlah simbol-simbol yang tercetak, yang pembaca dapatkan dalam satu fication.


C.     Kebiasaan-kebiasaan buruk yang menghambat proses membaca efektif
1.      Regression / Back Skipping
-       Kegiatan yang membuang-buang waktu
-       Karena tidak atau kurang konsentrasi
-       Karena kurang yakin akan artinya
-       Menunjukkan pembaca tidak memahami bagaimana membaca efektif

2.      One Reading Rate
Tidak merubah kecepatan membaca yang dihubungkan dengan tujuan membaca dan bentuk materi yang sedang dibaca.
-       Menelusuri satu ide/factor : kembali dengan cepat dengan terus membaca
-       Mencoba mendapatkan ide secara keseluruhan dari satu artikel / buku dengan telusuri dengan cepat
-       Mengerti dan menikmati buku / bacaan
-       Mempelajari dan mengingat bahan
-       Bagaimana kecepatan dan bagaimana sepenuhnya membaca tergantung pada alasan kita membaca
-       Walaupun keterbatasan akan jumlah informasi yang dapat dipahami seorang pembaca dan dihubungkan dengan jumlah waktu yang disediakan/ditetapkan, sebaiknya kita dapat membaca dan mencoba untuk memvariasikan tingkat kecepatannya
-       Bila pengertian tersebut mudah, kita dapat membaca cepat. Bila kita ingin mengetahui sesuatu dengan sepenuhnya, kita perlu membaca pelan-pelan dan hati-hati.

3.      Too many fication
-       Mata hanya dapat menerima gambaran yang jelas pada saat focus ditentukan.
-       Selain gerakan mata yang lancar, mata akan bergerak terputus-putus dengan tiap fication dari satu baris kalimat.
-       Mengurangi / memotong fication akan mempercepat kecepatan mata.

4.      Sub vocalization : Bunyi suara, gerakan kepala, bibir, lidah, otot tenggorokan.
-       Disebabkan karena kebiasaan membaca dengan suara keras.
-       Menciptakan kecenderungan membaca dengan suara keras.
-       Sub vocalization akan membatasi kecepatan membaca.


D.      Memperbaiki Efisiensi Membaca
1.      Key Reading
a.       Membaca kata-kata yang mengandung ide-ide utama dan melompati / mengabaikan kata-kata yang tidak penting.àkurang dari ½ jumlah kata-kata dari suatu bacaan.
b.      Guntingan berita dari sumber-sumber bacaan kira-kira 2 – 3 cm dan tempelkan blok-blok tersebut pada 3 atau 5 kartu. Dengan susunan-susunan blok tersebut cobalah untuk membacanya dengan sekilas dengan jangka waktu yang anda kehendaki sampai mendapatkan pengertian inti.
c.       Pembagian secara vertical dalam kolom-kolom.
è Membaca kolom di tengah, dengan dua lipatan lain berada di luar.

2.      Teknik Reading Phrase, dirancang :
a.       Untuk membantu pembaca membaca dengan ritme yang teratur dan memahami kata perkata dalam satu fixation (pembacaan sekelompok kata).
b.      Latihan untuk memperluas jangkauan persepsi dalam membaca, serta menolong untuk memperluas jangkauan mata.


3.   Tehnik “4s” yaitu :
a.       Selecting (pemilihan) : proses memilih sumber-sumber bacaan (buku) yang tepat dan berharga. Terdapat pada judul, sub judul (judul bab), kata pengantar, penulis, tahun terbit
b.      Skipping (meloncat) : pengidentifikasi dengan cepat terhadap bahan yang langsung berhubungan dengan pesan utama yang disampaikan penulis. Melewati hal demi hal sampai pada bagian yang dituju. Penglihatan sekilas pada index atau dafta isi.
c.       Skimming (berhubungan erat dengan skipping)
Mengetahui yang sedang dibaca pada halaman buku tersebut / mencari perincian yang khusus.
d.      Scanning : meneliti dengan cermat point per point untuk informasi tertentu / khususà membaca. Dengan menggerakan mata dengan cepat di setiap lembar halaman. Scanning akan menjawab apakah sumber bacaan relevan dengan kepentingan anda.

4.    Pendekatan-pendekatan umum dalam membaca
Suatu kebiasaan baik untuk memperkuat semua metode membaca adalah :
a.    Metode Pre-reading (sebelum membaca).
b.    Metode Reading (membaca).
c.    Metode Reviewing (mengulangi materi yang telah dibaca).


DAFTAR PUSTAKA

Buntoro, Agus.,Elisabeth Yansye Metekohy (2007). Komunikasi Bisnis. Depok: Lembaga Penerbit Jurusan Akuntansi PNJ.
http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_DAERAH/195901191986011-USEP_KUSWARI/Kemampuan_Efektif_Membaca.pdf
http://bacakilat.com/bagaimana-sih-cara-membaca-efektif/



Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKEL MAIN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger