Ekspor

Kata Pengantar



            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “PERMASALAHAN EKSPOR

            Makalah ini berisikan tentang macam-macam masalah ekspor, solusi dari permasalahan ekspor tersebut, dan saran-saran bagi para calon eksportir. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang Ekspor.

            Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

            Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada Bpk. Jhonny Marbun, S.E, M.M  atas bimbingannya dan semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.


Depok, 24 Mei 2014



Penyusun





DAFTAR ISI

Kata Pengantar................................................................................................................1

Daftar Isi..........................................................................................................................2

Daftar Tabel.....................................................................................................................3

Daftar Grafik...................................................................................................................3

BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................4

             I.1 Latar Belakang................................................................................................4

             I.2 Tujuan Penulisan.............................................................................................5

BAB II LANDASAN TEORI...........................................................................................6

             II.1 Definisi Ekspor..............................................................................................6

             II.2 Manfaat Ekspor..............................................................................................7

BAB III PERUMUSAN MASALAH................................................................................8

BAB IV PEMBAHASAN................................................................................................12

             IV.1 Masalah Ekspor...........................................................................................12

             IV.2 Penyebab Terjadinya Masalah....................................................................14

             IV.3 Solusi Permasalahan Ekspor.......................................................................15

             IV.4 Saran Bagi Calon Eksportir........................................................................16

             IV.5 Pengaruh Ekspor terhadap Pendapatan Nasional......................................17

             IV.6 Kebijakan dalam Subsidi Ekspor................................................................18

             IV.7 Perkembangan Nilai Ekspor.......................................................................19

BAB V KESIMPULAN..................................................................................................20

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................21




DAFTAR TABEL

Tabel 1 Ringkasan Perkembangan Ekspor........................................................................8

Tabel 2 Nilai Ekspor Indonesia Menurut Sektor..............................................................10
Tabel 3 Perkembangan Nilai Ekspor per Tahun..............................................................19


DAFTAR GRAFIK

Grafik 2 Struktur Nilai Ekspor.........................................................................................10

Grafik 3 Pengaruh Ekspor terhadap Pendapatan Nasional...............................................17

Grafik 4 Kebijakan Ekspor...............................................................................................18


















BAB I
PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang Masalah
Pada mulanya hubungan perdagangan hanya terbatas pada satu wilayah Negara yang tertentu, tetapi dengan semakin berkembangnya arus perdagangan maka hubungan dagang tersebut tidak hanya dilakukan antara para pengusaha dalam satu wilayah negara saja, tetapi juga dengan para pedagang dari negara lain, tidak terkecuali Indonesia. Bahkan hubungan-hubungan dagang tersebut semakin beraneka ragam, termasuk cara pembayarannya.
Kegiatan ekspor impor didasari oleh kondisi bahwa tidak ada suatu Negara yang benar-benar mandiri karena satu sama lain saling membutuhkan dan saling mengisi. Setiap Negara memiliki karakteristik yang berbeda, baik sumber daya alam, iklim, geografi, demografi, struktur ekonomi dan struktur sosial. Perbedaan tersebut menyebabkan perbedaan komoditas yang dihasilkan, komposisi biaya yang diperlukan, kualitas dan kuantitas produk.  secara langsung atau tidak langsung membutuhkan pelaksanaan pertukaran barang dan  atau jasa antara satu negara dengan negara lainnya. Maka dari itu antara negara-negara yang terdapat didunia perlu terjalin suatu hubungan perdagangan untuk memenuhi kebutuhan tiap-tiap negara tersebut.
Kegiatan Ekspor Impor merupakan faktor penentu dalam menentukan roda perekonomian di negara kita. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sebagai negara yang sangat kaya raya dengan hasil bumi dan migas, selalu aktif terlibat dalam perdagangan internasional.
Dalam era perdagangan global sekarang ini, arus barang masuk dan keluar sangatlah cepat. Untuk memperlancar urusan bisnisnya, para pengusaha dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai prosedur ekspor impor, baik dari segi peraturan yang selalu diperbarui terutama yang berhubungan dengan perdagangan internasional, kepabeanan, shipping maupun perbankan, yang semuanya ini saling berkaitan dan selama ini sering terjadi permasalahan di lapangan.
Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki potensi akan sumber daya alam yang tinggi. Banyaknya potensi alam yang dimiliki, Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki komoditi ekspor yang berpotensi untuk memajukan kegiatan ekspor di Indonesia. Sepuluh komoditi ekspor utama Indonesia adalah Tekstil dan Produk Tekstil (TPT), produk hasil hutan, elektronik, karet dan produk karet, sawit dan produk sawit, otomotif, alas kaki, udang, kakao dan kopi.
Namun, pasar internasional semakin kompetitif sehingga sepuluh komoditas ekpor utama ekspor Indonesia. Komoditas lainnya, yaitu makanan  olahan, perhiasan, ikan dan produk ikan, kerajinan dan rempah-rempah, kulit dan produk kulit, peralatan medis, minyak atsiri, peralatan kantor dan tanaman obat.
Meskipun banyaknya potensi alam yang bias dijadikan bahan baku untuk kegiatan ekspor di Indonesia guna menambah devisa Negara sendiri masih memiliki banyak kendala serta permasalahan yang harus diselesaikan, seperti produktivitas dan kualitas tenaga kerja relatif rendah, struktur industri dan teknis produksi tidak efisien dan rapuh, sistem transportasi dan jalur distribusi laut dan darat yang lamban dan kurang memadai, serta sistem integrasi antarmodal yang lemah di hampir semua jenis angkutan dan distribusi sehingga menganggu ketepatan waktu penyampaian barang dan efisiensi biaya. Kurangnya teknologi yang memadai untuk memproses hasil sumber daya alam tersebut menjadi salah satu hambatan atau masalah yang dialami kegiatan ekspor di Indonesia itu sendiri.
Dalam makalah ini penulis akan membahas secara terperinci berbagai masalah ekspor diatas dan penyebab-penyebab terjadinya masalah tersebut. Mulai dari peranan devisa yang sangat mendesak, peranan konsumen, sampai taktik konsumen dalam menghadapi pasar ekspor. Dalam setiap permasalahan yang terjadi, tentu terdapat solusi untuk pemecahannya. Untuk itu, penulis tak lupa memberikan beberapa solusi yang dapat diterapkan guna meminimalisir adanya permasalahan dari perdagangan internasional tersebut dan mencegah terdiversifikasinya seluruh komoditi ekspor Indonesia. Jika dilihat dari peran utama ekspor dalam menambah devisa Negara, hendaknya bagi setiap calon eksportir yang ingin membuka pasar ekspor perlu memperhatikan beberapa hal agar pasar ekspor yang ia buka dapat berkompetisi dan bertahan untuk waktu yang lama di pasar internasional. Untuk itu, penulis memberikan beberapa saran bagi para calon eksportir tersebut dalam makalah ini.

I.2. Tujuan Penulisan

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki potensi akan sumber daya alam yang tinggi. Dengan potensi yang dimiliki, Indonesia bias menjadi Negara pengekspor besar. Tetapi, kegiatan ekspor di Indonesia sendiri masih banyak permasalah yang menghambat majunya kegiatan ekspor Indonesia. Oleh karena itu, Makalah ini dibuat bertujuan untuk mengetahui peranan ekspor dalam perekonomian Indonesia. Kurangnya teknologi yang memadai untuk memproses hasil sumber daya alam tersebut menjadi salah satu hambatan atau masalah yang dialami kegiatan ekspor di Indonesia itu sendiri.
BAB II
LANDASAN TEORI

II.1 Definisi Ekspor

Menurut Pendapat para pakar mengenai ekspor
Ekspor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain secara legal, umumnya dalam proses perdagangan. Proses ekspor pada umumnya adalah tindakan untuk mengeluarkan barang atau komoditas dari dalam negeri untuk memasukannya ke negara lain. Ekspor barang secara besar umumnya membutuhkan campur tangan dari bea cukai di negara pengirim maupun penerima. Ekspor adalah bagian penting dari perdagangan internasional, lawannya adalah impor.
Ekspor adalah barang dan jasa yang diproduksi didalam negara dan dijual diluar negeri. (Mankiw, 2004: 240). Jika suatu negara membuka perdagangan internasional dan menjadi pengekspor suatu barang, maka produsen domestic barang tersebut akan diuntungkan dan konsumen domestic barang tersebut akan dirugikan. Pembukaan perdagangan internasional akan menguntungkan negara yang bersangkutan secara keseluruhan karena keuntungan yang diperoleh melebihi kerugian nya (Mankiw, 2006 : 221).
Dalam analisis keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian terbuka diandaikan Ekspor merupakan pengeluaran otonomi, yaitu ia tidak ditentukan oleh pendapatan nasional. Ekspor terutama ditentukkan oleh harga relative barang dalam negeri dipasaran luar negeri, kemampuan barang dalam negeri untuk bersaing dipasaran dunia, dan citarasa penduduk di negara-negara lain terhadap barang yang diproduksikan suatu Negara (Sukirno, 2004 : 222).
Dari studi pertumbuhan ekonomi selama periode 1968 – 1984 yang dilakukan oleh Bela Balassa (1986) terhadap sekelompok luar negara-negara yang sedang berkembang yang dibedakan antara negara-negara yang berorientasi keluar (Outward – Oriented Countries) dan Negara-negara yang berorientasi kedalam ( Inward- oriental countries) menemukan bahwa negara-negara yang menerapkan strategi pembangunan yang berorientasi keluar memiliki kinerja pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih baik dari pada negara-negara yang menerapkan strategi pembangunan yang berorientasi kedalam atau substitusi impor.
Studi yang dilakukan Anne Krueger (1978) mengemukakan bahwa kenaikan 0.1 persen didalam laju pertumbuhan pendapatan ekspor mampu meningkatkan laju pertumbuhan Gross National Product (GNP) dengan kira-kira 0,11 persen.
Anne Krueger dalam Nanga (2005 : 301) juga menyatakan bahwa orientasi keluar akan mendorong kebijakan makro ekonomi yang lebih baik, misalnya para pembuat kebijakan harus menjaga nilai tukar pada tingkat yang realistik, sehingga ekspor negara tersebut dapat bersaing dipasar luar negeri.

Menurut UU kepabeanan
            Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean, dimana barang yang dimaksud terdiri dari barang dari dalam negeri (daerah pabean), barang dari luar negeri (luar daerah pabean), barang bekas atau baru.


Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKEL MAIN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger